kievpost.net merupakan blog informasi menarik dan juga kalian bisa mendapatkan ilmu tips dari saya adapun nice dalam blog ini adalah wisata, masakan, travel, otomotif, hiburan, teknologi, properti, fashion dan masi banyak lainnya

Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak Anda

Anak-anak dan mainan begitu sulit dipisahkan. Bukankah begitu? Karena, selain membuatnya happy, ternyata mainan juga bisa membantu tingkatkan kreativitas dan imajinasi Si Kecil, lho. Yup, hal ini bisa bantu wujudkan keinginan Anda untuk melihat sang buah hati tumbuh dengan bahagia dan cerdas, yeay!

Banyaknya pilihan mainan anak mungkin membuat Anda bingung mau membelikan yang mana. Sedangkan Si Kecil saat dibawa ke toko mainan langsung terlihat antusias ingin memiliki semuanya. Eits, tapi jangan sampai Anda penuhi semua keinginan tersebut untuk membuatnya senang, ya. Karena, tak sedikit juga mainan yang ternyata berbahaya bagi anak atau bahkan berdampak buruk untuk tingkat kecerdasannya. Oh, no!

Nah, untuk itu Anda harus lebih selektif dalam memilih mainan yang tepat untuk buah hati tersayang. Masih bingung mainan anak seperti apa yang cocok untuk menemani kesehariannya agar selalu ceria? Jangan khawatir!

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan yang tepat untuk anak Anda. Mau tahu apa saja? Yuk, simak tipsnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, jangan sampai ada yang terlewat ya. Let’s check it out!

Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak Anda

Pilih mainan anak sesuai dengan usianya

Jangan membeli mainan hanya karena tampilannya yang lucu dan menggemaskan. Karena selain menyenangkan, mainan sebaiknya mampu mendukung kebutuhan Si Kecil dalam mencapai tahapan tumbuh kembangnya. Untuk itu, Anda harus mengecek label batasan usia yang tertera pada kemasan mainan terlebih dulu sebelum membelinya, ya.

Sesuaikan panduan rentang usia tersebut dengan umur buah hati Anda. Tentunya supaya ia bisa menggunakan mainan tersebut sesuai dengan tingkat kemampuannya, kesiapannya dalam bermain dan juga menikmati kegiatan bermain. Anda bisa memilih mainan yang aman di toys kingdom.

Karena, mainan yang terlalu rumit dan diperuntukkan bagi anak di atas usia Si Kecil hanya akan membuat ia frustasi atau mungkin malah membahayakan keselamatannya. Begitu pula jika memberi mainan yang diperuntukkan bagi anak di bawah usianya, mungkin Si Kecil bisa memainkannya dengan mudah, namun tak mendapatkan ilmu atau pengetahuan baru untuk mengasah kemampuannya.

Mainan yang cocok untuk anak berusia 1 tahun ke bawah harus yang bertekstur lembut, seperti teether, kerincing berbahan silikon, ring donat susun dan boneka tangan berbentuk hewan. Sedangkan untuk anak berusia 1-2 tahun, Anda bisa berikan bola warna-warni, buku mewarnai, mainan yang bisa mengeluarkan lagu dan alat musik seperti drum atau keyboard plastik. Mainan balok susun, puzzle, play dough, rumah-rumahan dan alat musik xilofon cocok untuk anak usia 2-3 tahun.


Pastikan material mainan aman untuk anak

Sangat banyak mainan anak yang bisa Anda temukan di pasaran. Meski terlihat aman, Anda perlu pastikan mainan tersebut tak terbuat dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti merkuri, arsenik, phthalate, kadmium, atau material plastik bermutu rendah yang mengandung PVC. Lalu, gimana sih cara mengetahui apakah mainan tersebut aman atau tidak?

Nah, Anda bisa perhatikan baik-baik keterangan atau tanda peringatan pada mainan, agar aman untuk digunakan oleh Si Kecil. Selain itu, pilihlah mainan dengan material yang mudah dicuci, supaya ia tak terinfeksi kuman dari kotoran yang menempel pada mainan, karena bayi suka memasukkan benda ke dalam mulutnya.


Bermain sambil belajar dengan mainan edukasi

Selain seru dan menyenangkan, sebaiknya mainan anak juga dapat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Sebab, penting untuk Si Kecil menikmati waktu bermain sekaligus merasa tertantang. Sayangnya, memilih mainan edukasi anak memang bisa jadi tantangan tersendiri ya, .

Mungkin banyak penjual mainan yang mengklaim kalau produknya mampu merangsang kecerdasan dan keterampilan si anak. Namun, tak semua mainan edukatif itu baik, bahkan beberapa tak punya nilai edukasi sama sekali lho, . Karena itu, penting untuk lebih teliti dalam memilih mainan yang tepat, supaya bisa membantu mengasah kemampuan kognitif maupun motorik Si Kecil.

Setelah membelinya, Anda juga perlu mengedukasi diri tentang bagaimana fungsi mainan tersebut dengan membaca petunjuk penggunaan. Agar saat anak bertanya cara memainkannya, Anda bisa membantu sambil mendampingi buah hati saat bermain. Dengan begitu, ia akan menikmati kegiatan bermain sambil belajar dan tetap aman deh, yeay!

Related : Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak Anda